Zika Dapat Menular Melalui Seks !!!



seks_menularkan_zikaDi Texas seorang pria tertular virus zika dengan hubungan seksual. Penularan virus tersebut merupakan kasus yang pertama terjadi di Amerika Serikat. Pria yang dirahasiakan identitasnya tersebut melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang baru pulang dari Venezuela. Hasil laboratorium menunjukkan pria tersebut terinfeksi zika sebagaimana diungkapkan oleh lembaga kesehatan di Dallas, Amerika Serikat.

Hal itu sangat langka, tapi bukan merupakan sesuatu yang baru. Kami selalu mencermati bahwa virus zika bisa menular dengan hubungan seksual," ungkap Zachary Thompson, Direktur Dallas County Health and Human Service. Virus zika awalnya disebarkan melalui gigitan nyamuk. Tetapi peneliti juga melakukan riset bahwa kemungkinan penularan virus dapat terjadi melalui hubungan seksual.

Sebelumya laporan dari Colorado, ada seorang yang terinfeksi virus zika di Afrika dan menularkannya kepada istri tahun 2008. Virus zika juga ditemukan terdapat pada air mani pria di Tahiti. Pusat pencegahan penyakit AS (CDC) menyampaikan akan melakukan tindakan pencegahan terhadap penularan virus ini, terutama untuk wanita yang hamil. Ibu hamil di Amerika Serikat direkomendasikan untuk menunda perjalanan ke negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Di Brasil, terhitung sejak Oktober 2015 terdapat 4.000 kasus bayi lahir dengan mikrosefali. WHO, berdasarkan rekomendasi yang diungkapkan oleh para ahli independen memutuskan darurat global menghadapi serangan virus zika.


Sumber : Kompas

Comments